Minggu, 01 Mei 2011

Laporan Kimia Analisis-Anion

BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
              Reaksi identifikasi merupakan suatu reaksi kimia yang dimaksudkan untuk mengetahui keberadaan suatu zat dalam sampel tertentu. Dalam kimia analisis kualitatif dikenal suatu cara untuk menentukan ion kation tertentu dengan menggunakan pereaksi spesifik dan selektif.
              Reaksi identifikasi merupakan suatu reaksi kimia yang dimaksudkan untuk mengetahui keberadaan suatu zat dalam sampel tertentu. Dalam kimia analisis kualitatif dikenal suatu cara untuk menentukan ion anion tertentu dengan menggunakan pereaksi spesifik dan selektif.
              Selain merupakan cara tradisional untuk menyajikan bahan urut-urutan juga ini memudahkan dalam mempelajari reaksi-reaksi, karena ion-ion dengan sifat-sifat yang analog, dibahas bersama-sama dalam satu golongan yang dipakai untuk klasifikasi golongan.
             Analisis kualitatif merupakan suatu proses dalam mendeteksi keberadaan suatu unsur kimia dalam cuplikan yang tidak diketahui. Analisa kualitatif merupakan salah satu cara yang paling efektif untuk mempelajari kimia dan unsur-unsur serta ion-ionnya dalam larutan. Dalam metode analisis kualitatif, kita menggunakan beberapa pereaksi diantaranya pereaksi golongan dan pereaksi spesifik, kedua pereaksi ini dilakukan untuk mengetahui jenis anion/kation suatu larutan Metode dalam melakukan analisis kualitatif ini dilakukan secara konvensional, yaitu memakai cara visual yang berdasarkan kelarutan.
B.    Rumusan Masalah
Adapun rumusan masalah dari percobaan ini adalah:
1.    Sampel kode KARI dan termasuk anion golongan berapa?
C.    Maksud Praktikum
Adapun maksud dari percobaan ini adalah Untuk mengidentifikasi pengolongan, pemisahan, dan penentuan golongan-golongan anion.
D.    Tujuan Praktikum
Adapun tujuan dari percobaan ini adalah untuk menentukan golongan dan jenis suatu anion.
E.     Manfaat Praktikum
Adapun manfaat dari praktikum analisis kation ini yaitu dapat mengidentifikasi kandungan ion dari suatu yang tidak diketahui yang kandungannya dengan waktu yang relatif singkat.







BAB II
KAJIAN PUSTAKA
A.     Teori Umum
Ilmu kimia analitik adalah ilmu yang mendasari pemisahan-pemisahan dan analisa bahan. Analisa bertujuan untuk menentukan susunan bahan,baik secara kuantitatif, kualitatif maupun struktur. Sususnan kuaitatif merupakan komponen-komponen bahan yang menyatakan berapa banyak setiap komponen tersebut. Dan struktur adalah bagaimana rumus molekul zat itu dan juga rumus bangunnya. (Kisman, 1988)
Analisis kualitatif merupakan suatu cara yang dilakukan untuk menentukan ion (kation/anion) tertentu dengan menggunakan pereaksi selektif dan spesifik. (Tim penyusun, 2010).
Anion adalah ion atau gugus yang memiliki muatan negatif. Reaksi dalam anion digunakan untuk memudahkan reaksi asam-asam organik tertentu dikelompokkan. (HAM, 2005)
Untuk anion dikelompokkan kedalam beberapa kelas, diantaranya (Kisman, 1988):
-       Anion sederhana seperti CN-
-       Anion okso diskret seperti NO3- dan SO42-
-       Anion polimer okso seperti silikat, fosfat terkondensasi